Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Kedatangan bangsa barat di Indonesia

 

 

Bangsa barat yang datang di Indonesia

  1. portugis tahun 1511
  2. spanyol tahun 1521
  3. belanda tahun 1596
  4. inggris tahun 1811

 

 

1. bangsa portugis

     bangsa portugis menguasai malaka tahun 1511 dibawah pimpinan alfonso d’albuquerque. Bangsa portugis datang ke Indonesia bertujuan untuk mencari rempah2.

Bangsa Indonesia menolak bangsa portugis karena

-portugis akan melakukan monopoli perdangan rempah2

-portugis akan merampas kedaulatan raja-raja Indonesia

 

perlawanan terhadap bangsa portugis pernah dilakukan oleh raja demak r. patah dengan mengutus putranya pati unus tetapi mengalami  kegagalan.

Portugis diterima oleh kerajaan ternate karena

-portugis membeli rempah2 dengan harga tinggi

-portugis diminta untuk membantu menyerang kerajaan tidore

 

pada awalnya sikap portugis baik dengan rakyat ternate, tetapi lama-kelamaan bersikap sebaliknya. Maka rakyat ternate mengadakan perlawanan dengan sebab2 sbb

-portugis melakukan monopoli sehingga merugikan rakyat

-kerajaan ternate harus mengakui kekuasaan portugis

-portugis menangkap dan membunuh sultan hairun

 

pengaruh portugis di Indonesia

-berkembangnya agama katholik dan Kristen

-penggunaan nama2 portugis dan Indonesia bagian timur

-bangunan2 berupa benteng

-berkembangnya musik keroncong

-dsb

 

 

2. bangsa spanyol

     ekspedisi yang dipimpin oleh Ferdinand de magelhaen dan yuan Sebastian del cono sampai filiphina tahun 1521. magelhein meninggal dalam pertempuran di filiphina dan perjalanan dilanjutkan oleh Sebastian del cono, sampai maluku tahun 1521. kemudian bertemu dengan portugis sehingga terjadi perselisihan. Perselisihan diakhiri dengan perjanjian saragosa yang isinya : keturunan portugis disebelah barat garis saragosa dan spanyol di sebelah timur garis saragosa

 

 

3. bangsa belanda

     bangsa belanda sampai di Indonesia tahun 1596 dibawah pimpinan cornelis de houtman dan peter keyzer. Tujuan bangsa belanda adalah berdagang rempah2. untuk melancarkan usahanya maka dibentuk voc tahun 1602.

Tujuan voc sbb :

-untuk menyaingi kongsi2 dagang lainnya. Co: eic

-untuk menyaingi pedagang2 belanda lain

-untuk meningkatkan keuangan Negara

-untuk memonopoli perdagangan rempah2

 

dalam memperkuat posisi voc, pemerintah belanda mengangkat gubernur jendral Pieter both. Tetapi tidak lama, maka tahun 1603 digantikan oleh jon Pieterzoon coen (j.p coen). Voc memiliki hak2 istimewa yang disebut hak octroi.

Hak2 istimewa voc sbb :

-hak untuk memiliki tentara sendiri

-hak untuk mencetak mata uang

-hak untuk mengadakan perjanjian dengan raja2 indonesia

-hak untuk memonopoli rempah2

-hak untuk memerintah daerah yang diduduki

 

upaya2 voc untuk menguasai perdangangan :

-memonopoli perdagangan

-hongi tochen (mengawasi para pedagang maluku agar tidak menjual rempah2 ke pedagang lain)

-ekstipasi ( menebang tanaman rempah2 milik rakyat agar tidak berlebihan)

-contingenten ( rakyat wajib membayar pajak berupa hasil bumi)

-verplichte leverentie (rakyat wajib membayar pajak berupa hasil bumi di wilayah yang tidak dikuasai oleh voc

-pleanger stelsel (kewajiban rakyat menanam kopi)

 

voc dibubarkan pada tanggal 31 desember 1799 karena :

-keuangan voc semakin deficit

-pegawai2 voc banyak yang melakukan korupsi

-banyak uang yang dikeluarkan untuk membiayai perang

-kalah bersaing dengan kongsi dagang inggris dan perancis

-banyak mendapat perlawanan dari rakyat Indonesia

-rakyat Indonesia sudah tidak mampu membeli barang2 yang dipasarkan voc

 

setelah voc dibubarkan, maka pemerintah belanda mengangkat willem daendels sebagai gubernur jendral di Indonesia. Tugas2 daendel sbb :

-mempertahankan jawa dari kekuasaan inggris

-membentuk pemerintahan di Indonesia

-memperbaiki masalah keuangan

 

 

 

untuk melaksanakan tugas2nya, daendels mengambil kebijakan dalam bidang pertahanan sbb :

-menigkatkan jumlah prajurit

-membangun jalan raya dari anyer-panarukan

-membangun armada pertahanan laut di Surabaya dan Batavia

-membangun pelabuhan di ujung kulon, dan Surabaya

 

tindakan daendels dalam bidang pemerintahan :

-membentuk sekretaris Negara

-membentuk lembaga peradilan di Surabaya

-memindahkan pusat pemerintahan dari sunda kelapa ke jayakarta

-menyingkirkan raj2 menghalangi kebijakannya

 

tindakak daendels dalam bidang keuangan :

-mengeluarkan uang kertas

-menjual tanah2 kepada partikelis (swasta) seperti cina dan arab

-memborongkan kepada swasta dalam memungut pajak

-membentuk badan pengawas keuangan

 

 

4. bangsa inggris

     pada tahun 1811, inggris mampu menguasai daerah jajahan belanda, maka belanda harus menandatangani kapitulasi tuntang tanggal 18 september 1811, yang isinya:

-daerah jajahan belanda diserahkan kepada inggris

-tentara belanda menjadi tawanan inggris

-orang2 belanda dapat menjadi pegawai inggris

 

#pemerintahan inggris di Indonesia 1811-1816#

     berdasarkan kapitulasi tuntang tahun 1811, inggris secara resmi menguasai Indonesia, maka gubernur jendral eic, lord minto menunjuk Stanford raffles untuk membentuk pemerintahan di Indonesia. Tugas pokok raffles :

*memperbaiki dalam bidang pemerintahan. Caranya :

-indonesia (pulau jawa) dibagi menjadi 16 karesidenan

-para bupati diangkat menjadi pegawai negri

-daerah keratin jogjakarta dan surakarta dipersempit

-mengurangi kekuasaan raja

*memperbaiki dalam bidang keuangan. Caranya :

-melaksanakan system perdagangan bebas

-melaksanakan system sewa tanah / land-rente

-melanjutkan system perdagangan perkebunan kopi

-memonopoli perdagangan garam

*memperbaiki dalam bidang social. Caranya :

-menghapuskan system perbudakan

-mengurangi pengaruh kekuasaan tradisional

 

 

jasa2 raffles selama memerintah Indonesia

-mendukung lembaga kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang bernama bataviaasch genootschop di harmoni

-menulis buku the history of java-

-menemukan bunga rafflesia arnoldi-

-istrinya, Olivia Marianne, -merintis kebun raya bogor-

-mengembalikan sultan sepuh menjadi sultan yogyakarta

 

pada tahun 1813 terjadi koalisi antara belanda dengan inggris untuk menghadapi napoleon Bonaparte. Pada tahun 1814 antara inggris dan belanda menandatangani konvensi London yang isinya :

-inggris mengembalikan wilayah Indonesia kepada belanda

-inggris berkuasa di India

 

penyerahan Indonesia dari inggris ke tangan belanda pada tahun 1816. sejak itu, kekuasaan inggris berakhir di Indonesia.

 

 

 

#sistem tanam paksa (cultuur stelsel)#

     dilaksanakan pada tahun 1830 oleh van der bosch. Tujuan tanam paksa adalah untuk mengisi kekosongan keuangan khas Negara. Programnya al :

-sistem sewa tanah dengan uang harus dihapuskan

-sistem tanam bebas harus diganti dengan tanam wajib

-pajak tanah harus dibayar dengan hasil bumi atau tanaman

-kerja wajib/rodi

 

pelaksanaan dan program tanam paksa banyak terjadi penyimpangan sehingga mengakibatkan kesengsaraan bagi rkyat Indonesia. Akibat penyimpangan tersebut, kaum humanis dan liberal menuntut tanam paksa dibubarkan.

 

Tokoh-tokohnya adalah :

-l.vibalis

-dr. w. bosch

-fransen van de putte

-barn van hoevel

-dr. douwes dekker

 

akibat positif tanam paksa bagi Indonesia :

-indonesia mengenal berbagai macam tanaman

-indonesia mengetahui daerah2 yang cocok untuk jenis tanaman tertentu

-indonesia mengetahui cara merawat dan memanennya

-indonesia mengetahui cara mengolah tanah

 

akibat negative tanam paksa :

-rakyat Indonesia tetap miskin

-banyak sawah/lading terlantar

-rakyat banyak mengalami kelaparan sehingga muncul berbagai macam penyakit

 

atas desakan kaum liberal dan humanis secara bertahap, cultuur stelsel dibubarkan dan secara resmi berakhir tahun 1870.

 

 

#sistem USAHA BEBAS/swasta#

     setelah culturr stelsel dibubarkan, maka pemerintah belada melaksanakan system usaha bebas sehingga para pemilik modal memiliki kebebasan dalam mengembangkan usahanya. Menteri jajahan de waal pada tahun 1870 mengajukan uu agrarian (agrarische wet) kepada pemerintah yang bertujuan untuk :

-melindungi para pengusaha asing

-melindungi status dan kepemilikan tanah para pribumi

 

setelah usaha bebas/swasta dibuka, maka banyak perkebunan2 dibuka kembali. Keuntungan dari usaha bebas/swasta dengan belanda :

-para pengusaha mendapatkan keuntungan besar

-hasil kekayaan indonesiamengalir ke eropa/belanda

-belanda mampu membangun industri2 baru

-belanda mampu membangun bidang transportasi

-belanda mampu membangun pelabuhan2 baru

 

kerugian bangsa Indonesia :

-indonesia tetap miskin

-indonesia tetap menderita

-indonesia tetap menjadi daerah eksploitasi belanda

-kondisi ekonomi dan social bangsa Indonesia semakin buruk

-banyak tanah yang disewa oleh para pengusaha

 

 

#politik etis (etika)#

     kaum liberal dan humanis (kaum progresif) pada tahun 1890 mengusulkan kepada parlemen belanda untuk mengubah kebijakan politik di daerah jajahan karena bangsa belanda telah dapat banyak keuntungan.

     Canraad Theodore van deventeer, 1899, telah menulis di majalah de gids yang berjudul een eereschuld (utang budi) yang intinya belanda sudah selayaknya membalas budi pada bangsa Indonesia. Cara membalas dengan trilogy van deventeer, yaitu :

-edukasi/pendidikan

-irigasi/pengairan

-transmigrasi

 

pada kenyataannya trilogy van deventeer hanya menguntungkan pihak belanda karena :

-edukasi : untuk mencetak tenaga pendidik dan upah yang murah

-irigasi : untuk mengairi perkebunan dan tanah2 milik belanda

-transmigrasi : untuk memenuhi tenaga kerja perkebunan2 milik belanda khususnya diluar jawa

 

khusus untuk pendidikan/edukasi membawa kemajuan karena menghasilkan kaum terpelajar/intelektual yang berusaha membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan.

 

Tokoh intelektual tersebut adalah :

-dr. cipto mangunkusumo

-dr. wahidin sudirohusodo

-dr. sutomo

 

About these ads

68 Comments (+add yours?)

  1. Jeremiah
    Sep 05, 2008 @ 06:52:14

    tolong backgroundnya jangan yang seperti saat ini soalnya kalo dilihat tulisannya kurang kelihatan jadi kalo bisa pilih satuwarna aja atau jangan sampai kena tulisannya

    Reply

  2. icha
    Nov 05, 2008 @ 03:20:59

    it helps me a lot..thanks..

    Reply

  3. jhatilreog
    Dec 20, 2008 @ 11:30:49

    jikalau tidak ada belanda tidak ada indonesia
    indonesia tidak lebih dari ex nederlands oost indie
    indonesia dipersatukan oleh belanda
    bahasa indonesia adalah bahasa yang diterapkasn belanda yang berasal dari malaka,sumatra(melayu)untuk mempermudah belanda berkomunikasi di berbagai daerah di nederlands oost indie
    sebagai bangsa yang ingin maju maka dalam penulisan sejarah jangan menulis yang negatif saja
    aksara arab melayu tidak digunakan setelah indonesia”merdeka”
    indonesia menganut aksara latin(pemimpin2 indonesia waktu itu kebanyakan berpendidikan belanda).
    jadi adalah tidak benar bila dikatakan belanda tidak memberi pendidikan kepada” boemi poetra”
    pada masa belanda yang disebut “jaman normaal”
    sebelum perang bangsa indonesia juga hidup baik.pemetik teh dipuncak dengan pendapatan perhari 25 cent.cukup menghidupkan keluarganya karena harga beras saat itu hanya setengah cent perliter.
    bandingkan dengan sekarang.
    pada waktu itu inflasi rendah dan uang sangat bernilai.
    justru belanda pendukung pendidikan kepada kaum wanita indonesia misalnya ra.kartini,dewi sartika yang dapat bintang tanda penghargaan.
    ringkas kata kita terkadang harus merenungkan segi positif bila tak ada belanda.adakah indonesia?
    akan seperti madagaskar kah indonesia?

    Reply

  4. vensky
    Feb 13, 2009 @ 00:40:15

    ini sangat bagus n perfech so…it is a very very good pokoknya indonesia harus menag for a fer

    Reply

  5. vina
    May 05, 2009 @ 09:43:35

    tolong di lengkapai lagi penjelasannya trima kasih

    Reply

  6. dhita
    May 23, 2009 @ 23:18:06

    tengkyu tengkyu,,,pr gw slese

    Reply

  7. Ftri
    Jun 16, 2009 @ 12:21:41

    Udah bagus, tapi nggak ngerti yang pas Bangsa Inggrisnya. Hehhe, maaf ya.. :)

    Reply

  8. fikry
    Jul 29, 2009 @ 14:38:39

    thanks bngt gue jadi bisa ngerjain pr……..

    Reply

  9. Dins Allheal
    Aug 08, 2009 @ 02:55:14

    Eh LIph!
    Ini PR u jaman SMA ya? =))

    Reply

  10. elson
    Aug 11, 2009 @ 13:47:12

    it helps me a lot…..thanks so much :)

    Reply

  11. niluh mutiara
    Sep 16, 2009 @ 10:22:25

    thanks for this in4mation. it’s perfect. i can do my homework. thanks .. thanks… thanks…….

    Reply

  12. ??????
    Sep 28, 2009 @ 09:38:37

    yang sistem sewa tanah tolong lebih diperjelas…. thx

    Reply

  13. kris
    Oct 12, 2009 @ 13:34:44

    eeemmmmmm…..
    bener2 bilang makasihh….mana udah mau ngerangkumin lagii…
    hadduuhhh….bener2 membantuu………:D

    Reply

  14. lhiya
    Oct 28, 2009 @ 07:51:18

    datangnya bangsa” eropa ke Indonesia Kg gugh dha c…???
    Kcih tw dunkz…!!!

    Reply

  15. rismawh
    Nov 17, 2009 @ 14:35:19

    thx bgt ya…..pr sejarah aq bsa terbantu…
    once more, thx

    Reply

  16. rini jayanti
    Jan 12, 2010 @ 13:36:51

    makasi y?????????????pr sjarah q jdi ciapppppppppp/////alhamdulillah

    Reply

  17. jackson paparang
    Jan 16, 2010 @ 13:09:10

    Argumennya udah baik tapi,pembuktian untuk semua itu kan haru ada. jadi misalnya di taruh foto-foto,dan tambahan, kalau bisa sampai pada pengaruh musiknya kalau bisa sih !!!!!!!!!!!

    Reply

  18. hengki
    Mar 10, 2010 @ 06:28:44

    bagus2 membantu tgs syanx

    Reply

  19. perdanaseries
    Mar 18, 2010 @ 15:57:46

    sorry, ini gw buat untuk melengkapi tugas sejarah SMA. Jadi mohon maaf kalo info nya kurang lengkap spt foto dan bukti dll. But, its my pleasure if you enjoy reading my homework and thanks for the advice hehehe

    Reply

  20. akku
    Apr 16, 2010 @ 13:50:28

    wahhhh……….TQ vmuch………………

    Reply

  21. devina
    Aug 22, 2010 @ 05:50:04

    thx.. the blog is very perfect!

    Reply

  22. anakswasta
    Aug 30, 2010 @ 13:45:30

    MAKASIH BANGET YA!!
    BAHKAN GUA COPY PASTE BUAT TUGAS GUA!!
    makasih banget yaaaaaa :D

    Reply

  23. anakswasta
    Aug 30, 2010 @ 13:47:30

    ADA SASA!!!!!!

    Reply

  24. Jilan Ibadi
    Oct 03, 2010 @ 13:41:33

    Makasih pr aku bs selesai. Kalo ada kedatangan perancisnya pasti lebih lengkap :)

    Reply

  25. FITRA
    Oct 20, 2010 @ 04:00:19

    cuy thank’s ya w bisa nyelesin rangkuman dech

    Reply

  26. wila
    Oct 21, 2010 @ 07:33:44

    eh kok gag ada jepang nya sih????

    Reply

  27. Bedul
    Oct 25, 2010 @ 14:14:35

    makasih banyak nih :D

    Reply

  28. whatund-jb
    Oct 28, 2010 @ 13:45:14

    please..
    di lengkapin lagi biar lebih jelas..

    terutama bagian konvensi tuntangnya.
    terimakasih :)

    Reply

  29. amalia kasnawi
    Oct 31, 2010 @ 07:15:34

    menurut saya artikelnya kurang lengkap..

    Reply

  30. perdanaseries
    Nov 04, 2010 @ 06:58:05

    waduh, ini hanya catatan sejarah semasa saya SMA dan bukan artikel. jadi kalau kurang lengkap mohon maklum :)

    Reply

  31. Weli Harefa
    Nov 30, 2010 @ 05:14:28

    Infonya cukup membantu, yang penting da mencoba dan berusaha memberikan yang terbaik. Good Luck,

    Reply

  32. dedek kurniawan
    Dec 03, 2010 @ 04:00:01

    trimsh tu dak cukup bagussssss!!!!!

    Reply

  33. Nyllaa
    Jan 15, 2011 @ 08:27:42

    thx’s iiaa,,
    akk jd bs ngerjaend tgs sjarahh nnii….

    siipp dahh

    Reply

  34. Kartika
    Apr 06, 2011 @ 20:04:45

    Sangat membantu. terimakasih ya… Mohon lebih dilengkapi.

    Reply

  35. riska
    May 12, 2011 @ 15:20:20

    Benar2 menarik kisahnya………………………..
    sebenarnya aq dah dikit tw tntg nie tapi yg versi BELANDA-nya

    Reply

  36. Houwen Lie
    May 23, 2011 @ 16:03:33

    You helped me lot :)

    Reply

  37. ayu
    Jul 25, 2011 @ 19:33:16

    makacih dah mau bantu aku yyaaaa

    Reply

  38. khoirul
    Oct 25, 2011 @ 20:13:39

    artikel yang sangat lengkap ..
    makasih ya udah bantuin ^_^ ..

    Reply

  39. 834ut1ful
    Oct 26, 2011 @ 16:13:47

    Makasi eaaa…….. manfaat banget lho!!!!!!!Alhamdulillah ea, SESUATU…… :)

    Reply

  40. Richard Kamikaze Hacker
    Nov 21, 2011 @ 14:23:21

    makasih banyak yahhh
    Infonya sangat membantu saya… :D

    Kamikaze Hacker Team

    Reply

  41. ibey
    Dec 06, 2011 @ 14:15:56

    makasi banget yaaa lengkap…..

    Reply

  42. Orang keren
    Dec 08, 2011 @ 21:20:07

    semoga membantu!

    Reply

  43. eldhie
    Jan 11, 2012 @ 18:38:42

    wei makasih banyak bro dah lengkap tugas sejarah ku >>>> :D

    Reply

  44. ekko cah jowo tulen
    Feb 05, 2012 @ 19:52:59

    makasih banyak moga besok aku bisa njelasin ke depan,,,amieeeeen..

    Reply

  45. ari
    Feb 16, 2012 @ 19:26:54

    Blognya Keren Dan Bermanfaat IJIN SEDOT GAN…

    Reply

  46. clarasya
    Feb 21, 2012 @ 19:44:53

    it helps me with my studies a lot..

    Reply

  47. Juliuz
    Mar 19, 2012 @ 00:46:43

    ‘This is Good For My Paper .Thankz Yeah

    Reply

  48. nanda
    Mar 20, 2012 @ 10:58:47

    memnbantu bgt ni

    Reply

  49. icabella putri
    Apr 08, 2012 @ 19:58:37

    wah….!!! ini sangat membantu

    Reply

  50. aisa soviani
    Apr 10, 2012 @ 17:59:37

    terimakasih banyak atas informasi nya ???

    Reply

  51. bagas12
    Apr 18, 2012 @ 17:16:38

    bettul tuhhh blog ccd

    Reply

  52. sempak
    Apr 18, 2012 @ 17:17:51

    blog ccd ni allllll tolong di dengar

    Reply

  53. Ariq
    Jun 05, 2012 @ 17:07:20

    This Blog Is Very Good

    Reply

  54. alexandrobot
    Aug 07, 2012 @ 15:26:07

    makasih ya, isi konvensi london nya. butuh banget

    Reply

  55. cahaya
    Aug 13, 2012 @ 01:44:32

    Thx Gw jadi nya bisa bwt tugas
    thx yaaaa

    Reply

  56. hamidayah
    Sep 25, 2012 @ 19:10:16

    THANK YOU SO MUCH .
    akhirnya pr qw trselesaikan .
    gk pusink deh qw .

    Reply

  57. sri rahmadani
    Sep 25, 2012 @ 19:35:19

    terimakasih
    atas jajahannya . hahahaahahhaa just kiddink

    Reply

  58. Jundhi
    Sep 28, 2012 @ 20:18:54

    thanks ,,
    Udh deh slesai pr nya,,
    hhhehehhe

    Reply

  59. Andi
    Oct 01, 2012 @ 13:38:31

    thanks banget uh ngasih Tau !

    Reply

  60. Arief Rahma
    Oct 16, 2012 @ 19:37:28

    Tq yahhh

    Reply

  61. monicagiopin
    Oct 23, 2012 @ 18:08:44

    kalo dlu tu dah prnh n lama ngalamin susah, mbok ya mulai dr skrg para pejabat n org trpandang mrubah nasib negeri ini mnjdi lbh maju bukannya tmbah bobrok kyak hp second aja. sblum trlmbat mending diperbaiki selagi bisa n mampu

    Reply

  62. NTii Mmyutzz PoetryNapasha Cwe'cLiquers
    Oct 24, 2012 @ 21:16:00

    thank’s,,,,,
    materi’y lumayan lengkap, akhir’y tugas aq sedikit terbantu nii,,, :)

    Reply

  63. abdul basit
    Oct 30, 2012 @ 23:37:45

    makasih bangeeet…bwt bantuan penyelesaian tugas k

    Reply

  64. Mir05lAv DimAst
    Nov 02, 2012 @ 20:34:32

    Thx banget….
    gwe dah siap PR karna ni dan dapat nlai bagus….
    tpi tlong di perjelas …-

    Reply

  65. SRY SARAH
    Nov 15, 2012 @ 17:10:51

    mksih ya informasinya.brkat smua ni tgas-tgas q bxa siap.THANKS.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: